JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Fenomena di lapangan yaitu di SMP Negeri 1 Kedungjajang Lumajang, banyak ditemukan konseli menunjukkan perilaku seperti: sangat peka terhadap kritik, hiperkritis terhadap orang lain, responsif berlebihan terhadap pujian, merasa tidak disenangi orang lain, kurang mampu mengendalikan emosi, kurang yakin akan kemampuan diri sendiri, pesimis terhadap kompetisi. Gejala-gejala tersebut mengidentifikasikan bahwa konseli yang bersangkutan belum memiliki konsep diri yang positif sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan membentuk konsep diri yang positif pada konseli yaitu dengan penerapan konseling peer group. Metode dalam penelitian ini adalah metode tindakan bimbingan dan konseling. Metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling diartikan sebagai suatu kajian reflektif yang dilakukan konselor/ guru pembimbing dalam meningkatkan kemampuannya berfikir secara rasional dan bertindak untuk memperbaiki kualitas bimbingannya terhadap konseli. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Kedungjajang yang beralamat di jalan Raya Cemeng Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilakukan di kelas IXA. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan konseling peer group dalam proses layanan bimbingan dan konseling dapat meningkatkan konsep diri konseli yang positif, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya konsep diri yang positif pada konseli kelas IXA SMP Negeri 1 Kedungjajang, Lumajang pada siklus I sebesar 12,80 % (dapat dilihat pada tabel 4.2) dan meningkat lagi sebesar 13,94% setelah mengikuti siklus II, 2) melalui penerapan konseling peer group, konseli terlatih dan terampil untuk bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan masalah. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya konsep diri yang positif pada konseli

Keyword

konseling peer group, konsep diri
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak